Kamis, (19/08/21) Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah melaksanakan Program kerja yaitu Studi Banding Online HMJ HES UIN Walisongo bersama HMJ HES UIN Bandung. Studi Banding ini bertemakan “Improving The Quality of The Organization Through Sharing and Exchanging Ideas With HMJ HES UIN BANDUNG” Kegiatan tersebut di adakan secara virtual dengan menggunakan media Zoom Meeting, yang diikuti kurang lebih 60 Peserta.

Dalam kegiatan Studi Banding Online ini di sambut antusias masing-masing Universitas, dengan menghadirkan masing-masing ketua jurusan yaitu Bapak Supangat, M.Ag selaku Ketua Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang dan Ketua Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu Bapak Dr. Jaenudin, M.Ag.

Acara Studi Banding Online diawali dengan pembukaan oleh Anisah selaku MC dalam acara ini, dilanjut dengan sambutan-sambutan, sambutan yang pertama dari Bapak Supangat, M.Ag. selaku Ketua Jurusan Hukum Ekonomi Syariah UIN Walisongo Semarang. Bapak Supangat, M.Ag menyampaikan “Bahwa studi banding ini sebagai ajang untuk saling tukar informasi yang bermanfaat dan sebagai bahan evaluasi program kerja masing-masing jurusan baik HMJ HES UIN Walisongo maupun HMJ HES UIN Sunan Gunung Djati Bandung”. Sambutan selanjutnya dari Ketua Jurusan HMJ HES UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu Bapak Dr. Jaenudin, M.Ag. yang menyampaikan “Studi banding ini sebagai suatu pembelajaran kedepannya agar lebih baik dan di harapkan bisa tetap menjalin silaturahmi antar Universitas yaitu UIN Sunan Gunung Djati dengan UIN Walisongo Semarang”. Ujar beliau. Setelah itu di lanjut sesi foto bersama. Kemudian di sambutan masing masing ketua HMJ yaitu M. Hani Rodiyanto selaku ketua HMJ HES UIN Walisongo dan Hendra Lasmana selaku perwakilan dari HMJ HES UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dilanjut acara inti yaitu pemaparan program kerja masing-masing Himpunan Mahasiswa Jurusan, yang pertama dari HMJ Hukum Ekonomi Syariah yang di pandu oleh Muhammad Irfan selaku moderator dari HMJ Hukum Ekonomi Syariah UIN Walisongo Semarang. Selanjutnya Moderator mempersilakan kepada masing-masing Divisi untuk memaparkan prokernya. Yang pertama di awali oleh Badan Pengurus Harian (BPH) yang di jelaskan oleh M. Hani Rodiyanto selaku Ketua Umum HMJ Hukum Ekonomi Syariah, dalam pemaparannya ada salah satu program kerja terbesar HMJ Hukum Ekonomi Syariah yaitu Diesnatalis Jurusan Hukum Ekonomi Syariah ke 26 tahun. Yang kedua dari Departemen Kajian dipaparkan oleh Nia Salsabela dengan memaparkan beberapa programnya dan memiliki program unggulan Lomba Debat Nasional. Yang ketiga dari Departemen Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma) yaitu Shyera Gadha Anisa dengan memaparkan beberapa program kerjanya dan memiliki program kerja unggulan lomba essay nasional. Yang keempat Departemen Hubungan Luar yang di paprakan oleh M. Khoirul Arofik dengan program unggulan Kunjungan Lembaga Keuangan Syariah. Selanjutnya yaitu ada Departemen Multimedia yang di jelaskan oleh Ngabdurrohman dengan program unggulannya yaitu Lomba Video. 

Setelah HMJ HES UIN Walisongo Semarang memaparkan di lanjut pemaparan dari HMJ HES UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang di pandu oleh Wisnu Setyo Wibowo selaku moderator dari HMJ HES UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Selanjutnya moderator mempersilakan kepada masing-masing bidang untuk memaparkan prokernya dengan detail. Pertama ada Bidang Pengembangan Aparatur Organisasi (PAO), yang kedua ada Pengembangan Intelektual, yang ketiga Bidang Kode Etik, yang keempat ada Kerjasama, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, yang kelima ada Bidang Kewirausahaan, yang ke-enam ada Bidang Seni, yang ketujuh Bidang Pers dan yang kedelapan bidang Olahraga . Setelah semua bidang memaparkan proker dengan keunggulan program kerja masing-masing, dilanjutkan sesi tanya jawab dari UIN Walisongo Semarang kepada UIN Sunan Gunung Djati Bandung, terkait dengan pengalaman dan tindak kejadian dalam menjalankan sistem organisasi diera pandemi ini. Setelah selesai tanya jawab dilanjutkan dengan foto bersama dengan Pengurus HMJ UIN Walisongo Semarang dan Pengurus HMJ UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Setelah itu dilanjut dengan sesi penyerahan Sertifikat sebagai simbolis kenang-kenangan dari Pengurus HMJ UIN Walisongo kepada Pengurus HMJ UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kemudian dilanjut dengan penutup yang dibawakan oleh Anisah selaku MC dari UIN Walisongo Semarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here