HMJ Hukum Ekonomi Syariah periode 2020 mengadakan serangkaian acara Dies Natalis HES yang ke-25 salah satunya yakni menyelanggarakan acara Lomba Esai Nasional dengan tema “Peran Generasi Milenial Dalam Membangun Perekonomian Indonesia”. Adapun tujuan diselenggarakannya Lomba Esai Nasional ini adalah memberikan wadah serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk menuangkan ide dan gagasannya, untuk mengeratkan silaturahmi antar universitas, menumbuhkan pola berpikir yang inovatif dan kreatif terhadap generasi milenial, dan memeriahkan Dies Natalis HES ke-25.

Lomba Esai Nasional ini diadakan pada tanggal 21 juli – 22 september 2020, adapun rincian acaranya yakni sebagai berikut:

21 juli – 22 Agustus 2020 (Pendaftaran Registrasi dan Pengumpulan Naskah Esai)
23 – 30 Agustus 2020 (Seleksi Tahap 1)
31 Agustus 2020 (Pengumuman 7 Best Esai)
1 – 15 September 2020 (Pengumpulan Video Presentasi Esai)
16 – 20 September 2020 (Seleksi Tahap 2)
22 September 2020 (Pengumuman Pemenang dan Webinar)

Acara Lomba Esai Nasional ini di ikuti oleh berbagai Universitas di Indonesia yakni IAIN Kudus, Uin Walisongo Semarang, Universitas Lambung Mangkurat, IAIN Madura, dan Universitas Trunojoyo Madura. Lomba Esai Nasional ini diselenggarakan online karena terhambatnya pandemi covid-19. Walaupun Lomba Esai Nasional ini diadakan online hal tersebut tidak mengurangi semangat para panitia dan para peserta.

Adapun Juri yang menyeleksi Lomba Esai Nasional ini adalah Bapak Arnaz Agung Andrarasmara dari Kadin, Bapak Siswanto dosen Uin Walisongo Semarang, dan Ibu Siti Rofiah dosen Uin Walisongo Semarang.

Tiba saatnya pengumuman para juara, pengumuman Lomba Esai Nasional ini diumumkan di akun sosial media HMJ HES. Lomba Esai Nasional ini dimenangkan oleh, Juara Pertama Muhammad Azhar (Universitas Lambung Mangkurat)  dengan judul “Kita Sama Sama: Segitiga Emas Literasi, UMKM Dan Generasi Milenial”, Juara Kedua Salsabilla Dhiya Alriye (Uin Walisongo Semarang) dengan judul “Melek Fintech Syariah: Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan Syariah Di Indonesia”, dan Juara Ketiga Moh. Hamzah (IAIN Madura) dengan judul “Menjaga Stabilitas Usaha Dengan Penerapan Akad Murabahah Pada Pelaksanaan Investasi Uang”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here