Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HMJ HES) mengadakan kunjungan  UMKM di Wisata Kandri yang biasa disebut dengan Kampoeng Telo. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 10 Oktober 2019 yang diikuti oleh 40 peserta mahasiswa HES.

Di sana para mahasiswa mendapatkan pengetahuan terkait bagaimana pengolahan pangan dari bahan dasar Telo. Yang di mana Telo itu sendiri bisa di variasi dalam pembuatan nya sehingga menghasilkan berbagai macam pangan yang bervariasi.

Sartono selaku ketua kampoeng dan yang mendampingi mahasiswa berkunjung  memberi tahu bahwa beliau belajar dari pak Unggul (Magelang) dan belajar dari mas Firmansyah. Sartono memaparkan bahwa ketela biasa dipandang sebelah mata karena ketela identik dengan penjual yang sudah tua, tradisional dan apa adanya. Dan untuk memulai sebuah uasaha harus di awali dengan niat dari diri sendiri dan memualinya dari hal  kecil. Beberapa produk buatan Kampoeng Telo diantaranya ada Wingsing, Telo Medug, Getuk Goreng, Dawet Ungu, Getuk Ndeso, Timus dan Es Puter Tape.

Di sana Sartono juga mengajari tentang pembuatan cendol telo ungu, yaitu dengan cara telo ungunya di blender terlebih dahulu, selanjutnya telo yang telah dihancurkan  dicampuri dengan tepung cendol, di aduk sampe merata, setelah itu direbus sampai mengental, selama proses merebus harus selalu di aduk, setelah mengental baru bisa di cetak,  lalu adonan itu langsung masuk ke dalam air dingin agar adonan itu bisa langsung terbentuk.

Selain cendol telo ungu, Sartono juga mengajari kita bagaimana cara membuat telo medug, yaitu telo yang sudah di bumbui lalu di presto setelah itu langsung di goreng, karena telo tersebut dipresto terlebih dahulu jadi rasa telonya lebih empuk dan renyah, dan cara makannya pun bisa di colet memakai saos atau lain sebagainya.

Banyak pengalaman dan pelajaran yang Sartono berikan, dalam dunia usaha yang dibutuhkan dalam mengembankan usaha salah satunya yaitu kunci istiqomah, dan tidak gampang putus asa ketika produk yang kita jual sedang sepi atau belum laku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here